January 6, 2011

Amankan Data Pribadi Facebook Anda Sekarang...!!!

Amankan Data Pribadi Facebook Anda Sekarang...!!!

Data pribadi pada situs jejaringan sosial memang menjadi sarana yang ampuh bagi para penjahat cyber. Begitu banyak metode yang mereka gunakan. Ada yang mencuri data pribadi anda untuk digunakan sebagai kedok kejahatan mereka, ada juga yang mencuri profil Facebook anda untuk mengelabui orang lain yang mana sang target hanya mengetahui bahwa andalah yang melakukan hal-hal yang buruk tersebut.

Namun begitu, pihak Facebook tetap memberikan keamanan yang cukup kuat pada akun Facebook kita serta memberi kebebasan untuk mengatur sejauh mana keamanan yang kita inginkan. Pada pengaturan privasi akun Facebook, kita di beri keleluasaan untuk mengaturnya, seperti halnya siapa saja yang kita beri kebebasan untuk melihat album foto kita, atau yang lainnya.

Nah, untuk mengingatkan saja, dikarenakan pihak Facebook telah melakukan perubahan beberapa waktu yang lalu, ada baiknya jika kita teliti lagi pengaturan privasi akun facebook kita, mungkin saja banyak perubahan pada pengaturan privasi.

Seperti halnya ada sebuah peringatan dari FACEBOOK FYI, bahwa terdapat pengaturan privasi yang baru yaitu "Instant Personalization". Pada pengaturan privasi Instant Personalization ini terdapat pengaturan secara default(otomatis) yang mana data-data Facebook kita akan di sharingkan kepada Website Non-Facebook seperti Bing, TripAdvisor, Clicker, Rotten Tomatoes, Docs, Pandora, Yelp, and Scribd. 

Namun data-data atau materi yang bisa diakses oleh website Non-Facebook tersebut hanya data-data atau materi yang sudah di set untuk umum (yang sudah di atur untuk diperlihatkan kepada semua orang). Pihak Facebook pun sudah mewajibkan kepada website Non-Facebook tersebut untuk menghormati hak privasi Informasi data Facebook kita.

Nah, bagi anda yang tidak ingin membagikan data-data atau materi dari akun Facebook anda, Anda bisa menon-aktifkan pengaturan Instant Personalization tersebut dengan cara seperti dibawah ini :
  • Login ke Akun Facebook Anda
  • Pada pojok kanan atas, Klik "Account", Pilih "Privacy Setting"
  • Pada halaman Privacy Setting, Cari "Apps and Website", Klik "Edit Your Settings"
  • Langkah selanjutnya cari "Instant Personalization", lalu Klik "Edit Settings"
  • Pada halaman berikutnya silakan Buang Centang pada tulisan "Enable instant personalization on partner websites."

Tetap jaga kerahasiaan akun Facebook kita, agar kita dapat menjelajahi dunia maya melalui situs jejaringan sosial dengan tenang tanpa resiko ancaman.


COMMENT HERE :

THANX FOR COMMENT