January 4, 2011

Hujan Meteor Quandrantid Menakjubkan Bisa Di Lihat Dari Indonesia

Hujan Meteor Quandrantid Menakjubkan Bisa Di Lihat Dari Indonesia

Menurut Peneliti Senior Astronomi dan Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, hujan meteor Quandrantid sudah dimulai sejak 1 Januari hingga 5 Januari 2011. Namun, titik puncak hujan meteor pada 3-4 Januari.

"Titik puncak sebenarnya pukul 20.00 hingga 23.00. Namun, titik puncak belum terbit. Karenanya, wilayah Indonesia bisa benar-benar melihat hujan meteor itu pada pukul 02:00 WIB sampai subuh pada 4 Januari," kata Thomas Djamaluddin, Senin (03/01).

Thomas juga menjelaskan bahwa kawasan yang paling banyak melihat hujan meteor ini adalah Asia Barat dan Eropa. Rasio hujan meteor berkisar 100 meteor per jam.

"Untuk Indonesia, kita bisa melihat sekitar 50 meteor/jam," kata Thomas lagi.

Syarat untuk melihat tampilan hujan meteor itu adalah cuaca harus cerah, pengamat jauh dari polusi cahaya dan medang pandang tidak dihalangi oleh bangunan atau objek lainnya.

Di awal Januari, aliran meteor Quandrantid akan menampilkan salah satu hujan meteor paling intens sepanjang tahun yang masa puncak hanya berlangsung beberapa jam. Metetor ini memancar dari sudut timur laut konstelasi Bootes. Bagaimanapun, meteor biru Quadrantid akan hadir enam jam sebelum dan sesudah titik maksimum.

Hujan meteor ini akan berlangsung Selasa (04/01) dari arah timur laut langit. Jika tidak ada cahaya bulan maka ini menjadi tampilan meteor terbaik di 2011.




Source : http://chaoticreation.blogspot.com/2011/01/hujan-meteor-quandrantid-menakjubkan.html

COMMENT HERE :

THANX FOR COMMENT